News Update :

Tips Mengatasi Morning sickness Saat Awal Kehamilan anda

Wednesday, December 5, 2012

"Morning sickness" atau gejala mual dan muntah ringan ini memang sering terjadi pada saat awal kehamilan. Penyebabnya pun tidak diketahui, tetapi kemungkinan besar terkait dengan perubahan hormon yang dialami oleh ibu hamil tersebut. Tentunya kita merasa kurang nyaman ya, kalau hampir setiap pagi kita harus melawan ataupun menahan rasa mual selama masa kehamilan kita yang baru berusia 1-3bulan. Biasanya, rasa mual pada pagi hari tersebut akan berangsung berkurang dan bisa sepenuhnya menghilang pada usia kandungan 4 atau 5 bulan.

Berikut ini saya mencoba menuliskan beberapa Tips mengatasi Morning sickness saat awal kehamilan yang  mungkin dapat membantu anda, para ibu hamil dalam mengatasi Morning sickness tersebut.

Yang pertama,  Hindarilah Hal-hal yang dapat memicu rasa mual termasuk kafein (Kopi), makanan laut, jus jeruk, dan bau yang kuat.

Kemudian, Jangan melewatkan makan. Melewatkan makan dapat menyebabkan mual karena gula darah rendah (hipoglikemia). Perut juga akan berkontraksi lebih keras bila dalam keadaan kosong. Selain itu, kekurangan nutrisi tertentu seperti kalium dapat menyebabkan Anda muntah lebih banyak lagi.

Minumlah jus, susu atau sup di sela antara waktu makan. Makanlah dengan porsi kecil tetapi sering, yaitu setiap dua sampai tiga jam. Progesteron menyebabkan pencernaan bekerja lebih lambat sehingga Anda harus menghindari perut terlalu penuh.

Duduklah tegak setelah makan, jangan berbaring. Hindari makanan yang terlalu berminyak, pedas atau asam. Pilih makanan yang tidak beraroma dan berasa kuat, seperti pisang, nasi putih (bukan nasi goreng), dan roti bakar.

Makanan ringan yang baik untuk ibu hamil antara lain puding, buah, bubur, dan kacang-kacangan. Memakan biskuit atau keripik mungkin membantu ketika Anda mulai merasa mual. Istirahat yang cukup. Stres dan kelelahan dapat memperburuk rasa mual.

Pastikan Anda mendapatkan tidur malam yang baik dan istirahat yang cukup di siang hari. Bila Anda bekerja, tidak ada salahnya untuk mengambil cuti beberapa hari. Dapatkan banyak udara segar. Tidurlah dengan ventilasi yang baik dan lakukan jalan-jalan santai ringan di pagi hari. Ya, jalan di pagi hari dapat membuat pikiran ibu hamil lebih tenang dan fresh.

Dan yang terakhir, jangan lupa rutin memeriksakan kandungan ke dokter ataupun bidan. Dengan rajin mengontrol, ibu hamil dapat pula mengetahui kesehatan janin juga kesehatan sang ibu hamil sendiri.
Oke, tulisan diatas merupakan beberapa tips mengatasi Morning sickness saat awal kehamilan untuk anda, semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan anda dan buah hati anda. :)
Share this Article on :

0 komentar:

 

© Copyright Berbagi Ilmu Pengetahuan Terbaru 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.